-->

Tata Cara Dan Pengertian Berapa Jumlah Rakaat Shalat Tarawih

Santri molek kembali lagi nih, akan membagikan keindahan yang ada di agama islam tentang ibadah yang biasa dilaksanakan setahun sekali, setelah mengerjakan sholat isya di bulan ramadhan, yaitu shalat tarawih dan witir 20, 11, 8 dan 4 rakaat yang benar, kawan-kawanku apa sudah tahu bacaan niat dan tata cara sholat tarawih belum? Pastinya kawan-kawan sudah tahu. Di Karena saya juga ingin mendapatkan pahala, terpaksa deh membagikan cara-caranya kepada orang yang belum tahu disebabkan banyaknya orang yang bertanya tentang tata cara pelaksanaan dan bacaan niat sholat tarawih.

Pertama yang akan kami bahas adalah sholat tarawih. Sholat tarawih merupakan sholat sunat yang di kerjakan setiap setahun sekali dengan mengerjakannya dengan cara berjamaah atau sendiri di rumah selama satu bulan penuh, yaitu di bulan ramadhan setelah sholat isya, untuk keutamaan dan manfaat melaksanakan sholat sunnat tarawih sangatlah penting makanya jangan bolong-bolong dalam mengerjakannya. Jangan lupa doa shalat tarawih untuk itu simak manfaat sholat tarawih di bulan puasa dari awal sampai akhir yang kami tulis di bawah ini.

- Manfaat malam 1; Sahabat Ali bin Abi Thalib ra. berkata: Nabi SAW pernah ditanya orang tentang keutamaan sholat sunat tarawih di malam Ramadhan. Lalu beliau menjawab: Seorang mukmin yang melaksanakan sholat tarawih di bulan Ramadhan dosa-dosanya keluar pada permulaan malam Ramadhan itu seperti pada hari ketika ia dilahirkan oleh ibunya.

Sholat Tarawih

- Manfaat malam 2: Pada malam kedua, dosanya dan dosa ibu bapaknya diampuni kalau keduanya mukmin.
- Manfaat malam 3: Pada malam ketiga, malaikat yang berada di bawah 'Arsy berseru: "Tingkatkanlah amal! Allah akan mengampuni dosa-dosa hambanya.

- Manfaat malam 4: disediakan baginya pahala yang sangat besar.

- Manfaat malam kelima: Allah SWT memberikan pahala seperti pahala orang yang sholat di Masjidil Haram, masjid madinah dan masjidil Aqsha.

- Manfaat malam 6: ALlah SWT memberikan kepadanya pahala seperti pahala orang yang thawaf di Baitul Mamur, dan setiap batu-batuan dan pasir memohonkan ampun buatnya.

- Manfaat malam 7: seolah-olah ia mendapatkan pahala Nabi Musa as dan membantunya menghadapi Fir'an dan Haman.

- Manfaat malam ke 8: Allah SWT mengaruniakan kepadanya pahala seperti yang dikaruniakan-Nya kepada Nabi Ibrahim as.

- Manfaat malam ke 9: seolah-olah ia telah beribadah kepada Allah Ta'ala seperti ibadahnya Rasullullah SAW.

- Manfaat malam ke 10: Allah SWT mengkaruniakan kepadanya kebaikan dunia dan akhirat.

- Manfaat malam 11: ia keluar dari dunia seperti hari ketika ia dilahirkan oleh uminya.

- Manfaat malam 12: ia datang di hari kiamat kelak dengan muka bersinar laksana purnama.

- Manfaat malam 13: ia datang di hari kiamat kelak dengan keadaan aman dari segala keburukan.

- Manfaat malam 14: datang para malaikat menjadi saksi banginya bahwa ia benar-benar telah melaksanakan sholat tarawih. Maka karena itu ia tidak akan dihisab pada hari kiamat kelak.

- Manfaat malam 15: para malaikat, malaikat penyangga 'Arsy dan Kursi, semuanya mendoakannya.

- Manfaat malam 16: Allah mencatat baginya kelepasan dari neraka dan kebebasan memasuki surga.

- Manfaat malam 17: Ia diberi pahala para nabi.

- Manfaat malam 18: Salah satu malaikat menyerukan kepadanya: "Wahai hamba Allah, sesungguhnya Allah benar-benar telah meridhoi kamu dan meridhoi kedua orang tuamu.

- Manfaat malam 19: Allah mengangkat derajat di dalam surga Firdaus.

- Manfaat malam 20: Ia diberi pahala para syuhada dan shalihin.

- Manfaat malam 21: Allah membangunkan baginya sebuah mahligai di dalam surga, yang terbuat dari cahaya.

- Manfaat malam 22: Ia datang di hari kiamat kelak dalam keadaan aman dari rasa susah dan cemas.

- Manfaat malam 23: Allah dirikan baginya sebuah kota di surga.

- Manfaat malam 24: Diadakan baginya dua 24 doa mustajab.

- Manfaat malam 25: Allah Ta'ala singkirkan siksa kubur darinya.

- Manfaat malam 26: Allah Ta'ala tingkatkan pahalanya, seperti pahala selama empat puluh tahun.

- Manfaat malam 27: Ia pada hari kiamat kelak akan melintasi titian mustaqim bagaikan kilat yang memancar.

- Manfaat malam 28: Allah meninggikan derajatnya di dalam surga setinggi seribu derajat.

- Manfaat malam 29: Allah memberikan kepadanya pahala seribu haji yang mabrur.

- Manfaat malam 30: Allah Ta'ala berfirman kepadanya: "Wahai hamba-hamba'KU, makanlah dari buah-buahan surga, mandilah dari Mata Air Salsabila, dan minumlah dari Telaga Kautsar. Aku Tuhanmu dan engkau hamba'mu.


Manfaat sholat sunat tarawih sudah kami sediakan di atas. Sekarang yang kedua bahasan sholat sunnat witir, melaksanakan sholat witir tidak hanya di bulan ramadhan, malahan di sunatkan mengerjakan setiap hari hukumnya sunat mu'akkad, witir itu perkataan dari bahasa arab yang arti mengerjakan sholat sunat dengan rakaatnya ganjil, untuk jumlah rakaatnya maksimal 1, maksimum 11 rakaat, yang paling bagus mengerjakan 3 rakaat di dua kali salamkan, pertama dua rakaat, ke dua 1 rakaat, yang 3 bisa di satu kali salamkan sebagai mana mengerjakan sholat magrib, tetapi yang paling bagus di pisah-pisah rakaatnya di dua kali salamkan, di dalam hadist menyatakan "jangan menyamakan witir-mu dengan sholat maghrib.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang pengertian keutamaan hukum shalat tarawih 11, 20, 8 dan 4 rakaat dengan cara melaksanakannya bisa secara berjamaah atau bisa sendirian di rumah.