-->

Keutamaan Niat Doa Dan Tata Cara Waktu Sholat Witir 1, 3 Rakaat Yang Benar

Berjumpa lagi dengan kami si santrimolek yang selalu update untuk membagikan artikel tengtang wahana agama, dimana didalamnya banyak mengajarkan tata cara beribadah salah satunya yang akan kami sajikan disini adalah tentang doa sholat witir dan niat shalat witir satu rakaat dan 3 rakaat, karena agama islam agama yang saya cintai dan di bangga-banggakan oleh seluruh umat islam sedunia, islam agama yang benar, agama paling bagus dan selalu mengarah dalam menuju suatu kebaikan.

Sholat witir sholat sunnah yang rakaat terbilang ganjil, bila kawan-kawan ingin melaksanakan sholat ini dengan waktu terburu buru dan terbatas bisa dengan 3 rakaat, jika waktunya kepepet bisa dengan melaksanakan 1 rakaat saja, untuk keterangan hadistnya supaya tidak panik atau khusus untuk menjalankannya, Simak bacaan hadistnya di bawah ini.

و حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ حَدَّثَنَا قَتَادَةُ عَنْ أَبِي مِجْلَزٍ قَالَ سَأَلْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ عَنْ الْوِتْرِ فَقَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ رَكْعَةٌ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ وَسَأَلْتُ ابْنَ عُمَرَ فَقَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ رَكْعَةٌ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ

Niat Sholat Witir

Baca Juga : Doa Shalat Tarawih

Artinya: Dan telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami Abdusshamad telah menceritakan kepada kami Hammam telah menceritakan kepada kami Qatadah dari Abu Mijlaz katanya: Aku bertanya kepada Ibnu Abbas tentang witir, dia menjawab: Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: Satu rakaat dari akhir (shalat) malam. Dan saya bertanya kepada Ibnu Umar maka beliau menjawab; Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Satu rakaat dari akhir (shalat) malam." (HR. Shahih Muslim : 1249)

Praktek Sholat Witir

Untuk prakteknya sama seperti rukun dan bacaan sholat sunat yang biasa anda kerjakan, yang membedakannya bacaan lapadz niat dan rakaatnya saja, bahasan hadist di atas sholat witir adalah sholat sunat penutup malam atau akhir malam menjelang sebelum mau masuk sholat shubuh.

Lapadz Bacaan Niat Sholat Witir 1 rakaat

Niat Sholat Witir

Niat Sholat Witir 3 rakaat Berikut Dengan Keterangan Hadistnya

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سُلَيْمَانَ قَالَ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ أَنَّ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ الْقَاسِمِ حَدَّثَهُ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى فَإِذَا أَرَدْتَ أَنْ تَنْصَرِفَ فَارْكَعْ رَكْعَةً تُوتِرُ لَكَ مَا صَلَّيْتَ قَالَ الْقَاسِمُ وَرَأَيْنَا أُنَاسًا مُنْذُ أَدْرَكْنَا يُوتِرُونَ بِثَلَاثٍ وَإِنَّ كُلًّا لَوَاسِعٌ أَرْجُو أَنْ لَا يَكُونَ بِشَيْءٍ مِنْهُ بَأْسٌ

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sulaiman berkata, telah menceritakan kepadaku 'Abdullah bin Wahb berkata, telah mengabarkan kepada-ku 'Amru bin Al Harits "bahwa" Abdurrahman bin Al Qasim menceritakan kepadanya dari Bapaknya "dari" Abdullah bin 'Umar berkata: Nabi SAW bersabda: "Shalat malam 2 rakaat 2 rakaat, jika kamu hendak mengakhirinya, maka shalatlah satu rakaat sebagai penutup dari shalatmu sebelumnya." Al Qasim berkata, "Semenjak kami ketahui, kami melihat orang-orang mengerjakan witir dengan tiga rakaat. Sesungguhnya urusan ini adalah kelonggaran yang aku berharap bukan menjadi perkara yang salah. (HR. Shahih Bukhari : 938)

Pertama Mengerjakan 2 Rakaat


Nah sekarang anda udah tahu bacaan lapadz niat shalat witir 1 atau 3 rakaat dengan bahasa arab dan latin serta artinya yang telah kami buat di halaman blog santri molek yang sangat kece. terimakasih, mohon maaf seebesar-besarnya.