-->

Bacaan Niat Puasa Sunah Senin Kamis Lengkap Dan Artinya

Bacaan Niat Puasa Sunah Senin Kamis Lengkap Dan Artinya - Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada ilahi rabbi, yang mana telah memberikan jutaan nikmat kepada kita semua nikmat iman dan islam, tidak ada kata-kata yang paling indah selain banyak bersyukur kepada tuhan yang maha pencipta yak'ni Allah SWT,

Kita semua tahu bahwa senin kamis merupakan hari yang sangat istimewa dan keutamaan puasa senin kamis dan memiliki beribu-ribu faedah puasa senin kamis menurut syariat islam yaitu di. Menjalankan puasa sunnah senin kamis bisa mendapatkan ketampanan dan kecantikan secara alami, selain itu puasa sunnah bisa mendapatkan pahala yang sangat besar, puasa tersebut bukan puasa yang di wajibkan, dan tidak berdosa jika tidak melaksanakannya.

Manfaat hikmah melaksanakan puasa senin kamis sangatlah membantu di kehidupan sehari-hari kita, di mulai dari jaman dulu sampai jaman sekarang ini, agama lainpun selain islam di anjurkan untuk berpuasa meskipun tata caranya berbeda, berikut fadhilah puasa senin kamis yang telah kami buat di bawah ini.

Bacaan Niat Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

  • Mempermuda kulit
  • Mengencangkan kulit
  • Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
  • Menurunkan berat badan
  • Mempercantik dan mempercakepkan secara alami
  • Menjauhkan sipat buruk kepada orang lain
  • Mengendalikan hawa nafsu
  • Lebih peka terhadap lingkungan
  • Lebih banyak beramal
  • Memberikan istirahat untuk organ pencernaan

Seperti sudah di ketahui, bahwa pada jaman dahulu nabi Muhammad SAW sering melakukan puasa senin kamis yaitu puasa sunnat, seperti yang di terangkan dalam sabda nabi dari abu hurairah yang artinya:

"Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, Tangguhkan keduanya. (HR. Ahmad).

Sabda Rasullulah SAW menganjurkan kepada kita sebagai umatnya senantiasa melaksanakan puasa senin kamis, karena segala amal purbuatan kita akan di catat oleh malaikat. Rasullullah bersabda yang artinya:

"Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa. (HR. Tirmidzi)"

Puasa senin kamis memiliki ke istemewaan tersendiri di mata agama, bagi seluruh umat muslim yang melaksanakan puasa sunah senin kamis, ALLAH SWT akan memberikan pahala berlipat ganda kepada hambanya yang melaksanakan puasa tersebut, seperti yang di terangkan di dalam hadist qudsi:

Puasa itu milik'ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat. (HR. Bukhari dan Abu Daud).

Dalam hadist di atas menerangkan, siapa saja yang mengamal puasa senin kamis akan mendapat pahal lebih besar dari ALLAH SWT dan akan di catat amal kita oleh malaikat.

Niat puasa senin kamis sama dengan puasa ramadhan dan di bulan syawal yang membedakannya hanya bacaan niatnya saja.

Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

"NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TA’AALA"

Artinya: Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’aalaa.

Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

"NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TA’AALAA"

Artinya: Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’aalaa.

Bacaan Doa Berbuka Puasa Sunah Senin Kamis

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ


"ALLAAHUMMA LAKA SUMTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHARTU, DZHABAZH ZHOMA'U WABTALLATIL'URUUQU WATSABATAL AJRU INSYA ALLAH".

Artinya: Ya Allah. Hanya untuk'Mu aku berpuasa dan dengan rezki'Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah dan pahala telah tetap. Insya Allah.

Demikian yang dapat kami sampai mengenai bacaan puasa senin kamis serta doa berbuka puasanya yang menjadi pokok dalam bahasan kami, tentunya masih banyak kekurangan dalam bahasan ini, semoga arikel ini bisa berguna buat anda sekalian yang ingin mengamalkannya.