-->

Pengertian Cerita Sejarah Dan Tanggal Maulid Muhammad Saw 2018

Pengertian Cerita Sejarah Dan Tanggal Maulid Muhammad Saw 2018. Alhamdulilah. Pada kesempatan yang bahagia ini akan membagikan kisah kisah sejarah di rabiul'awal (bulan maulid) begitu penuh rahmat dan hidayah di berikan kepada seluruh umat muslim. Datangnya bulan ini mari kita menyambut dengan suka cita untuk memperingati tanggal lahir Nabi Muhammada SAW yaitu pada tgl 12 maulid, untuk itu mari berlomba lomba memperbanyak amal kebaikan yang mengandung ibadah, semoga diakhir jaman nanti mendapatkan syafaat dari Rasul.

Peringatan bulan ini di peringatinya oleh seluruh umat muslim di penjuru dunia, yaitu suatu peringatan yang sangat penomena, asal mula adanya sejarah maulid nabi berawal dari lahirnya Nabi Muhammad SAW, dengan ayahnya yang bernama Sayyid Abdullah, dan ibunya bernama Siti Aminah, kelahiran nabi menjadikan rahmat seluruh alam semesta, pada hari senin tanggal 12 Rabiul'awwal tahun 571 M yaitu hari lahir Nabi dinamakan tahun gajah atau tahun ababil.

Penjelasan asal mulanya di namakan tahun gajah Pada waktu itu, seorang raja yang bernama raja Abrahah dengan membawa prajurit gajahnya menyerbu Ka'bah disaat Rasul SAW, pada waktu itu, Allah SWT mengirim atau mengutus burung yang disebut burung Ababil untuk menghadang pasukan gajah di bawah pimpinan raja abrahah dengan mengendarai gajah, nama gajah bernama mahmud, maka gagallah keinginan raja tersebut untuk menghancurkan Ka'bah.

maulid nabi muhammad

Hikmah Maulid Nabi

Banyaknya keutamaan yang kita proleh untuk seluruh umat muslim yang ingin mengagungkan kelahiran Rasul SAW, kalau kita mengagungkan maulid Nabi maka akan mendapatkan Syafaat di hari akhir yaitu hari dimana berkumpul manusia, keterangan di dalam hadist. Barang siapa yang mengimpakan sebagian hartanya untuk Maulid Nabi maka seakan-akan dia menginfakkan sebuah gunung yang terbuat dari emas dijalan Allah. sesuai Hadist bahasa arabnya.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من عظم مولدي كنت شفيعا له يوم القيامة ومن أنفق درهما في مولدي فكانما أنفق جبلا من ذهب في سبيل الله

Dalil tersebut menerangkan bahwa kita sebagai umat Nabi Muhammad yang mengharapkan syafaat Nabi Muhammad SAW, maka hendaklah berbondong-bondong mengagungkan dengan membaca sholawat.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang keutamaan dan penjelasan cerita sejarah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. semoga kita semua bisa dapat mengamalkan setiap hari dengan membacakan Sholawat kepada kanjeng Nabi SAW.