-->

Doa Niat Cara Mengeluarkan Zakat Fitrah Dan Mal Beserta Artinya

Doa Niat Cara Mengeluarkan Zakat Fitrah Dan Mal Beserta Artinya - Di bulan yang penuh berkah serta ampunan mari kita menyiram atau memupuk untuk mempertebal iman supaya lebih kuat ke yakinan iman kita sendiri, yang mana salah satunya adalah melakukan segala kebajigan mengeluarkan zakat mal atau membayar fitrah, Allah menjanjikan kepada hamba hambanya akan melipat gandakan pahala khusus bagi seseorang yang suka baik terhadap sesama manusia tulus, ikhlas dalam membantu setiap yang bersipatnya ibadah.

Dimana dengan melaksanakan zakat fitrah, mal kita semua sebagai umat islam akan kembali kepada bentuk yang fitroh, artinya kembali kepada kesucian, jadi zakat fitrah dapat pula kita artikan penebus kesucian, seperti yang kita tahu tidak akan menerima amal seseorang apabila dirinya tidak dalam bentuk suci secara batiniah. Sudah anda ketahui setelah kita melakukan zakat firah ke esokan harinya melakukan shalat idul fitri di pagi harinya, dan berlangsung pada salam salaman saling memaafkan kepada semua orang terdekat beserta seluruh kaum muslimin.

Jadi alangkah baiknya, bagi siapapun yang merasa dirinya muslim untuk mengeluarkan sedikit dari kekayaannya untuk membayar zakat mal dan zakat fitrah, ada banyak manfaat dari semua itu, selain untuk membersihkan diri juga salah satu bentuk ketaatan terhadap perintah yang dianjurkan bahkan dicontohkan oleh baginda Rasul SAW, sebegitu pentingnya sholat dan zakat sampai Alloh sendiri yang memanggilnya { isro mi,raj } untuk menerima perintah itu.

niat zakat mal

Ada beberapa cara orang meniatkan mengeluarkan zakat, dimualai dari itikad [ niatan dalam hati ], bacaan niat serta praktik penyerahannya atau sering di sebut ijab kabul, yang kesemuanya ini kami rangkum dalam satu kemasan yang disebut juga doa niat zakat fitrah yang didalamnya akan diuraikan secara jelas dan terperinci sehinga anda akan dengan sangat mudah mengikutinya.

Lafadz Niat Zakat Fitrah untuk Keluarga Dan Diri Sendiri

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

"NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITRI 'ANNII WA'AN JAMII'I MAA YALZAMUNII NAFAQOOTUHUM SYAR'AN FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA"

Artinya : Aku niat mengeluarkan zakat untuk diri saya dan keluarga yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syariat fardhu karena Allah Ta aalaa.

Lafadz Niat Zakat Fitrah Buat Diri Sendiri

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

"NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITRI 'AN NAFSII FARDLO LILLAA HI TA AALAA"

Artinya : Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta'aalaa.

Lafadz Niat Zakat Fitrah Buat Orang yang Diwakilkan.

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ (…..) فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

"NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITRI 'AN (bacakan nama orangnya) FARDHOL LILLAA HI TA AALAA"

Artinya : Niat aku mengeluarkan zakat fitrah atas (Bacakan nama orangnya) Fardhu karena Allah Ta’aalaa.

Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Istri

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

"NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITRI AN ZAUJATII FARDHO LILLAA HI TA'AALAA"

Artinya : Aku niat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya fardhu karena Allah Ta'alaa.

Lafad Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ بِنْتِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

"NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN BINTII (Bacakan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAA HI TA'AALAA"

Artinya : Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (bacakan namanya), fardhu karena Allah Ta’aalaa.

Lafadz Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

"NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN WALADII (Bacakan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA"

Artinya : Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (bacakan namanya) Fardhu karena Allah Ta’alaa.

Demikian artikel tata cara zakat fitrah dan mal beserta bacaan doa niat nya dengan bahasa arab, latin dan artinya artinya, yang dapat saya sampaikan kali ini. Semoga apa yang telah saya tulis diatas bisa bermanfaat untuk orang banyak, dan jika ada kesalahan dalam penulisan mohon maaf sebesar-besarnya.