-->

Contoh Khutbah Jumat Tentang Maulid Nabi Singkat Terbaru 2018

Contoh Khutbah Jumat Tentang Maulid Nabi Singkat Terbaru 2018. Assalamu'alaikum. Alhamdulillah pada hari jumat ini bertepatan dengan maulid nabi kami akan memberikan khutbah jumat singkat pendek dan akurat tentang memperingati di dalam bulan Rabiul Awal, juga pada bulan inilah adalah kesempatan buat kita untuk memperdalami sejarah malahan harus tahu makna keutamaan, tetapa kami disini hanya membuat contoh khutbah bukan untuk membahas memperdalam mengenai bulan tersebut.

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.
يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا
يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا، أَمّا بَعْدُ …
فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.

Saudara Saudara Kaum Muslimin Yth.
Marilah saudara saudara kita sebagai manusia yang di dalam hidupnya selalu mengharapkan rahmat, taufik serta hidayah dari Allah S.W.T. Maka hendaklah kita selama masih hidup selalu berusaha agar supaya diri kita ini benar benar menjadi manusia yang berbakti kepada Alloh. bertaqwa kepada Allah dalam arti yang sebenarnya. Patuh terhadap tuntunan agamanya.

Hendaklah kita berjuang dan per'amal sesuai dengan apa yang sudah digariskan oleh Allah dalam syariat agama islam. Jangan kita sampai melakukan hal hal yang tidak baik agar supaya hidup kita mendapatkan rahmat serta perlindungan Allah. Selamat sejahtera dan berbahgia fid-dun-ya wal akhirah. Sebab saudara saudara Allah telah berfirman:

وَإِنْ تُؤْمِنُوا وَتَتَّقُوا فَلَكُمْ أَجْرٌ عَظِيمٌ

Yang Artinya : Dan Apabila kamu beriman serta taqwa kepda Allah. Maka bagimu adalah pahala yang besar. (Q.S. Ali-Imran 179)

Saudara Saudara Hadirin Tth.
Kini bulan maulud telah tiba, maka marilah kita sama sama menyongsong datangnya bulan maulid nabi Muhammad SAW ini dengan rasa hormat, khidmat dan gembira. Apa sebab saudara saudara? justru karena didalam bulan mauludlah dilahirkan seorang pemimpin dunia yang jujur dan boleh di percaya "Khotamun Nabiyyin" yang menjadi penutup segala Nabi yang berjuang dengan jiwa raganya, mengajak umat manusia kejalan arah hidup yang benar yang di ridoi oleh Allah SWT. Dialah Nabi Muhammad Rasulullah SAW.

Maka sudah selayaknya, saudara saudara kalau di dalam bulan maulid yang agung ini, umat islam di segala penjuru dunia sama sama merayakan memperingati hari besar maulid Nabi. Demi untuk mengenangkan kembali betapa kebesaran pribadi beliau Rasullullah SAW, sebagai seorang pemimpin pembimbing rohani umat yang pantas mendapatkan penghargaan dari umatnya, yang betul betul patut di contohd dalam segala gerak gerik hal ihwal (tingkah laku) amal dan perjuangan.

Sebab, saudara saudara kalua kita teliti dalam lembaran sejarah tentang "Hayatu Muhammad" pe-ri-hidup Nabi Muhammad SAW. itu adalah salah satunya pemimpin tujuannya luhur tidak minta di puji maupun di puja, namun semata semata ingin mengabdi kepada Allah dan masyarakat untuk mencari keridoan Allah SWT. Sehingga dengan demikian, beliau mendapatkan sebutan dari kaumnya ialah Al'Amin' yakni orang yang boleh dipercaya demi setelah mereka mengetahuai bahwa segala ucapan beliau sungguh sungguh sesuai niat dengan amalnya.

Tegasnya saudara saudara, beliau tidak hanya pandai berbicara tetapi juga pandai beramal. Kalau beliau melarang sesuatu berbuatan tentu beliau sendiri lebih dahulu menjauhi perbuatan itu sebelum orang lain menjauhinya.

Beliau tunjukan kepada dunia, dengan amal amal yang nyata betapa luhurnya tuntunan agama islam dan syari'atnya itu, yang maksudnya supaya manusia suka beramal seperti beliau suka mengamakan ajaran agama dengan sengguh sungguh kerena agam rerupakan pedoman hidup yang luhur bagi manusia, agama akan menyelamatkan manusia. Sesuai dengan Firman Allah :

قُلْ يَا قَوْمِ اعْمَلُوا عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ إِنِّي عَامِلٌ ۖ فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ

Yang Artinya : Katakanlah olehmu muhammad, wahai kaumku ber'amallah menurut qadar kekuatanmu sesungguhnya aku ini orang yang ber'amal (Q.S. Al-An'am ; 135)

Saudara saudara sangat besar jsa beliau terhadap kemajuan islam dan kaum muslimin di mayapada ini juga terhadap kemanusiaan justru karena beliau dalam hidupnya betul betul telah berjuang dengan sepenuh jiwanya untuk kejayaan umat serta keluhuran agama.

Saudara saudara patut pula menjadi contoh teladan bagi kita ummat islam bagaimana keteguhan beliau dalam menegakkan agama islam dan syari'atnya, di muka bumi ini. kalau kita teliti dalam lembaran sejarah maka kita akan mengetahui bahwa, Nabi kita Muhammad SAW adalah merupakan singa padang pasir yang di segani oleh kawan mapun lawan pantang mundur tahan menghadapi hal hal yang berat karena sangat besar tawakalnya kepada Allah SWT. Boleh kita katakan terhadap beliau yangartinya :

Artinya : Engkau wahai Muhammad Rasullullah SAW, laksana matahari, laksana bulan purnama, bagaikan cahaya da atas segala cahaya.

Kita katakan demikian saudara saudara, karena beliau adalah pembawa cahaya kebenaran dari Allah, penyebar benih benih ajaran tauhid supaya manusia mempunyai i'tiqad yang benar. Agar manusia dengan agama ini fikirannya menjadi meningkat hatinya disinari oleh cahaya petunjuk Allah selamat di dunia dan akhirat.

Beliau didalam pergaulan tampak ramah tamah dan supel penuh toleransi terhadap siapapun. Namun disamping itu cukup tegas dan ulet dalam perjuangannya menegakkan kebenaran, kesucian dan ke adilan di muka bumi ini yang di akui oleh kawan maupun lawan sebagaimana dibuktikan dalam lembaran sejarah.

Sadara Saudara Yang Terhormat.
Tidak bosan bosannya beliau mengajak masyarakat menyembah kepada Allah dengan secara jujur, sportif dan penuh kebijaksanaan, tidak hanya secara seram-pangan saja. Beliau berjuang dengan sungguh sungguh agar aqidah islamiyah kepercayaan , keyakianan dan iman, dapat di tanamkan dalam hati sanubari umatnya meluruskan segala kepercayaan yang tidak sehat agar manusia di dunia ini tidak menempuh jalan yang sesat tidak berbuat durhaka kepada Allah SWT. Sebaliknya segala sesuatu di hadapi oleh beliau dengan tegak, sabar, tawakal dan sopan.

Beliau menyampai ajaran agama islam kepada khalayak ramai dengan cara bijaksana. Pandai meletakkan kata kata pada tempat yang selaras ibarat orang menangkap ikan airnya tidak sampai keruh, tapi ikannya dapat terbawa. Pendek kata hasil maksud tujuan tercapai dengan tidak menyinggung kehormatan dan perasaan orang lain apalagi merendahkan ataupun menghina sama sekali tidak.

Artinya saudara saudara nasihat beliau betul betul tepat dan jitu, dapat menarik perhatian serta menimbulkan kesadaran dapat membangun hati yang sedang tidur menjadi obat bagi rohani yang tidak sehat, sesuai dengan apa yang difirmankan Allah :

وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ

Yang artinya : Dan Aku Allah menurunkan wahyu AL-Qur'an kepadamu supaya kamu terang terangan kepada manusia apa apa yang diturunkan untuk mereka dan agar supaya mereka itu berfikir. (Q.S. Al-Nahl : 44)

Saudara saudara beliau mengajak manusia supaya bertauhid kepada Allah. Bahwasannya dzat yang maha agung yang seharusnya disembah dan dimintai perlindungan hanyalah Allah sendiri. Tidak ada daya upaya dan tidak ada kekuatan melainkan atas karunia dan rahmat Allah juga kalau ikhtiyar manusia itu berhasil kakekatnya atas karunia Allah juga.

Agama yang dibawa beliau memberi tuntunan yang luhur, tentang hak dan kewajiban seseorang terhadap diri sendiri, tetangga masyarakat nusa bangsa dan agama. Sebenarnya agama yang di bawa oleh beliau itu, tidaklah menghambat kemajuan, karena islam karena islam mewajibkan orang mencari ilmu. Mempelajari ilmu diniyah yang menyangkut hal keagamaan, adalah fardhu a'in bagi tiap tiap muslim laksana "dian" yang dapat menerangi perjalanan hidup manusia.

Dan dian ini tidak akan paham sampai Akhir zaman berkat dari pada perjuangan beliau yang suci murni. Berkat dari ajaran beliau yang suci itu ummat yang mula mula bercerai berai dapat ikut rukun dan damai duduk sama rendah berdiri sama tinggi dibawah naungan kalimah tauhid. Tidak ada lagi hasut menghasut fitnah memitnah dendam-kesumut dan sebagainya.

Demikianlah saudara saudara gambaran selayang pandang tentang peri hidup Rasullullah SAW. Dalam membina umatnya kejalan yang hidup yang benar, yang diri dzhoi Allah SWT. Sekianlah saudara saudara.

باَرَكَ اللهُ لِيْ وَلكمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيّاكُمْ بِالآياتِ والذِّكْرِ الحَكِيْمِ. إنّهُ تَعاَلَى جَوّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ

Khutbah Kedua (2)

khutbah 2 jumat maulid nabi

Itulah khutbah maulid nabi buat hari jumat, dan mohon maaf bila ada kata atau penjelasan di atas yang tidak di mengerti oleh para pembaca.