-->

Tata cara Shalat Sunnah Fajar Qobliyah Sebelum Subuh Niat Bacaannya

Tata cara Shalat Sunnah Fajar Qobliyah Sebelum Subuh Niat Bacaannya - Shalat fajar adalah sholat sunnah yang di dirikan pada waktu sebelum sholat subuh setelah kumandang adzan, untuk cara mengerakannya yaitu sama seperti sholat sunnah yang lainnya, tetapi yang membedakan hanya dari segi lafadz bacaan niat nya saja. Shalat qobliyah ini merupakan yang bisa RAsul Amalkan dan juga anjuran buat kita untuk bisa melaksanakan setiap hari, jika terus mengamalkan Nabi SAW berkata lebih baik dari seisi jagad.

Banyak sekali perkataa yang menerangkan untuk menunjukan melakukan shalat sunnah fajar dua rakaat qobliyah atau sebelum subuh, penerangan dari sebagian ulama mengatakan bahwa shalat fajar ada yang mengatakan menamainya sebagai sholat sunnah sebelum subuh, ada lagi sebagian yang mengatakan sholat sunat barad mungkin melakukannya ketika masih dalam keadaan dingin dan sebagian mengatakan menamainya sholat sunnah ghadat yaitu dimana sholat sunah di lakasankannya masih pagi pagi.

Penerangan di dalam kitab Nihayatuz Zain, Syaikh Nawawi menjelaskan memperbolehkan membacakan niat sholat sunat sebelum sholat subuh ini berbagai macam istilah, "contoh" niat sholat sunnah fajar. Ushalli sunnatal fajri rak'ataini lillaa hi ta'aalaa. Bisa dengan ushallii barodi, "contoh" Usallii sunnatal baradi rak'ataini lilaa hi ta'aalaa. Ada lagi "contohnya" Usahallii sunatas subhi rak'ataini lila hi ta'aalaa. Ada juga yang lebih lengkapnya yang telah di sediakan oleh kami di bawah.

niat shalat fajar



اُصَلِّيْ سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

"USHALII SUNNATAL SHUBHI RAK'ATAINI MUSTAKBILAL KIBLATI ADAA'AN LILAA HI TA'AALAA."

Artinya:
Niat saya shalat suunah subuh dua rakaat menghadap kiblat lillaa hi ta'aalaa.

Melaksanakan sholat sunnah tersebut di harapkan jangan terlalu lama-lama karena ini anjuranya, karena sholat ini adalah sholat sunah walaupun lebih berharga dari dunia seisinya.

Untuk alasan bergeges jangan terlalu lama melaksanakannya dengan dua rakaat karena ini mengikuti Rasul "liitba’I sunnatir rasul" di dalam sholat sunah ini cukup dengan membacakan surat.

Baca Juga : Doa qunut

1- Rakaat kesatu bisa membacakan surah Alam Nasrah (surah Al'insyirakh) dan Alam Taro (Al'fil).
2- Rakaat kedua bisa membacakan surah Al'kapirun dan Al'iklas.

Di dalam kitab nihayatuz zain menganjurkan membacakan wirid setelah shlat sunnah dua rakaat sambil menunggu subuh.

1- Yaa Hayyu ya Qoyyum Laa Illaha Ilaa Anta 40 kali
2- Surah Al-ikhlas 11 kali
3- Surah Al'falaq satu kali
4- surah An'nas satu kali
5- Subhanallah Wa Bihamdihi Subhanallahil Adzhim dengan 100 kali.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang lafadz bacaan niat shalat fajar sebelum subuh lengkap dengan bahasa arab latin dan arti terjemahan, Sekian terimakasih mohon maaf sebesar-besarnya.