-->

Pengertian Niat Shalat Jama Dan Tata Cara Menjak Qasar

Pengertian Niat Shalat Jama Dan Tata Cara Menjak Qasar - shalat jamak adalah ruhsoh (kemudahan) dikhususkan kepada orang-orang islam sedang dalam perjalanan jauh, yakni perjalanan melebihi dua marhamah atau melebebihi 91 km, shalat ini adalah perkataan bahasa arab yang artinya dikumpulkan, yaitu digabungkan 4 waktu sholat fardhu, yang boleh di gabungkan yaitu dzuhur dengan asyar magrib dan isya, tidak boleh di jamakan yang lain dari pada itu, misalnya asyar di jamakan dengan magrib tidak boleh sholat subuh juga langsung tidak boleh di jamakan dengan mana sholat pun.

Yang boleh di buat secara menjamak sholat hanya dhuhur ashar magrib dan isya, "Artinya" apa bila kita dalam perjalanan di beri kemudahan untuk menunaikan sholat qosor secara menjamak sholat sekaligus, kita bukan saja boleh pendekan sholat yang 4 rakaat menjadi 2 rakaat, malah boleh juga menyatukan 2 sholat untuk di kerjakan sekaligus, misalnya sholat dhuhur dan ashar boleh di pendekan masing-masing menjadi dua rakaat, dan boleh di dirikan sekaligus ke dua-duanya sekali, di buat dalam satu waktu lepas sholat dhuhur terus sholat asyar tidak boleh menunggu masuknya sholat ashar, ataupun kalau kita sibuk pada waktu dhuhur laksanakan ke dua-duanya pada waktu ashar.

Kalau sholat dhuhur dan ashar di dirikan pada waktu dhuhur di katakan jamak taqdim, yaitu di taqdimkan (dahulukan) asyar ke waktu dhuhur begitupula sholat magrib dan isya di dirikan dalam waktu magrib dikatakan jamak takdim, sebaliknya kalau sholat dzuhur dan ashar di dirikan pada waktu ashar di katakan jamak takhir, ialah di akhirkan atau di undurkan dhuhur ke waktu ashar, begitu pula sholat magrib dengan isya di kerjakan pada waktu isya namanya jamak takhir.

shalat jamak

Kita boleh pilih untuk membuat sholat jamak taqdim dan sholat jamak takhir mengikut sebuah hadist (BH Muslim) kepada (an'nas bin malik RH). "BAHWA NABI SAW, APABILA BAGINDA BERANGKAT SEBELUM TERGELINCIR MATAHARI, BAGINDA MENANGGUHKAN DHUHUR HINGGA KE WAKTU ASYAR KEMUDIAN BAGINDA TURUN LALU MENJAMAKAN KE DUA-DUANYA, TETAPI SEKIRA GELINCIRNYA MATAHARI SEBELUM BAGINDA BERANGKAT MENUNAIKAN SHOLAT DHUHUR LALU BERANGKAT"

Artinya: Rasullallah SAW, kalau baginda berangkat sebelum masuk waktu, baginda akan membuat jamak taknir, tetapi kalau baginda berangkat setelah masuk waktu baginda akan melaksanakan sholat waktu itu terlebih dahulu sebelum Rasullallah SAW berangkat.

Untuk melaksanakan sholat secara jamak takhir katakan dhuhur dan ashar, apabila masuk waktu dhuhur kita hendaklah berniat di dalam hati yang akan laksanakan secara jamak takhir dan bersama dengan waktu asyar bila waktu asyar nanti, niat ini wajib bila tidak niat yakni kita lupa, kita tidak boleh membuat jamak takhir sebaliknya akan kena qodho sholat dhuhur tersebut, di sini kami akan membuat bacaan sholat jamak takhir.

Pertama Melaksanakan Sholat Asar

أُصَلِّي فَرْضَ العَصْرِ أربع رَكعَاتٍ مَجْمُوْعًا مع الظُّهْرِ اَدَاءً للهِ تَعَالى


"USHALLII FARDHOL ASHRI ARBA'A RAKA'AATIN MAJMUA,AN MA'AZH ZHUHRI ADAA'AN LILLAAHI TA'AALAA"

Artinya: Aku sengaja shalat fardu Ashar empat rakaat yang dijama dengan dhuhur fardu karena Allah ta'aala.

Kedua Melaksanakan Sholat Dhuhur

أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِأربع رَكعَاتٍ مَجْمُوْعًا مع العَصْرِ اَدَاءً للهِ تَعَالى

"USHALLII FARDHLZH ZHUHRI ARBA'A RAKA'AATIN MAJMU'AN MA'AL ASHRI ADAA'AN LILLAA HI TA'AALAA"

Artinya: NIat saya sholat fardu dhuhur empat rakaat yang dijama dengan Ashar fardu karena Allah Ta'aala.

Begitu juga melakukan sholat jamak takhir sholat magrib kita harus beniat di dalam waktu magrib, dan harus melakukan sholat magrib ini secara jamak takhir ini secara jamak takhir bersama sholat isya di dalam waktu isya nanti, di sini saya akan menyediakan sholat fardhu magrib dan isya di buat dengan jamak takhir dengan waktu fardhu isya di buat secara qosor, ingat sholat fardhu magrib tidak di buat secara qosor.

Pertama Melaksanakan Sholat Isya

أُصَلِّي فَرْضَ العشاء أربع رَكعَاتٍ مَجْمُوْعًا مع المغرب جمع تاخير اَدَاءً للهِ تَعَالى

"USHALLII FARDHOL ISYAA'I ARBA'A RAKA'AATIN MAJMU'AN MA'AL MAGHRIBI JAM'A TAKHIRI ADAA'AN LILLAA HI TA'AALAA"
Artinya: Aku berniat sholat fardu isya empat rakaat yang dijama dengan maghrib dengan jama takhir fardu karena Allah ta'aala.

Ke Dua Melaksanakan Sholat Maghrib

أُصَلِّي فَرْضَ المغرب ثلاث رَكعَاتٍ مَجْمُوْعًا مع العشاء جمع تاخير اَدَاءً للهِ تَعَال

"USHALLII FARDLOL MAGHRIBI SALASA RAKA'ATIN MAJMU'AN MA'AL ISYAA'I JAM'A TAKHIRI ADAA'AN LILLAA HI TA,AALAA"

Artinya:Aku niat sholat fardu maghrib tiga rakaat yang dijama dengan isya dengan jama takhir fardu karena Allah Ta'aala.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang cara sholat jamak dan bacaan niat shalat jama, takhir tidak di qashar isya dan magrib tentunya banyak ke kurangan dan pengalaman dalam bahasan ini, karena kami hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Sekian bahasan dari kami semoga dapat di terima di hati para pembaca.