-->

Keutamaan Berapa Hari Waktu Tanggal Puasa Enam Hari Syawal

Keutamaan Berapa Hari Waktu Tanggal Puasa Enam Hari Syawal - Puasa syawal harus kita tahu, dan harus di amalkan setiap bulan syawal, waktu pelaksanaan yaitu, ada orang yang bertanya, berapa hari dan tanggal dilaksanakan. Dimulainya pada tgl 2 sehari setelah sholat idul fitri.

Melaksanakan puasa di bulan syawal yaitu setelah puasa di bulan ramadhan dan lebaran hari raya idul fitri sesudah tanggal satu syawal, untuk waktu puasa syawal melaksnakannya selama 6 hari dan ada doa niat puasa enam di bulan syawal, dan banyak fadilah manfaat keutamaan mengerjakan puasa syawal 6 hari.

Pahala puasa syawal sangatlah besar, baik untuk kesehatan badan. yang dimaksud puasa bulan syawal, puasa sunnah yang ditunaikan selama enam hari pada bulan syawal, Rasullullah Shallallahu Alaihi Wasallam sangat menganjurkan kepada seluruh umatnya yang beragama muslim untuk bisa melaksanakannya.

puasa syawal

Manfaat puasa sunnah bulan syawal sangatlah jelas dan baik, salah satunya adalah, semangat dalam ibadah, menentramkan dohir maupun batin, menjaga kesehatan luar maupun dalam, mengeluarkan racun dalam tubuh yang mengganggu zat sistem pertumbuhan, mengurangi berat badan, salah satu obatnya dan Rasul juga telah memerintah kan kepada umatnya untuk bisa melaksanakan puasa sunah.

Di dalam kitab ayat suci Al-quran menerangkan yang artinya : Makan dan minumlah tetapi jangan berlebihan, sesungguhnya Allah SWT tidak menyukai (tidak Suka) kepada orang yang berlebihan. (Q.S. AL'ARAF : 31). Melaksankan puasa tersebut adalah cara berlatih untuk bisa melaksnakan puasa sunah yang lainnya, seperti puasa senin kamis, puasa arafah, puasa rajab, puasa daud dan puasa sunnah lain-lainnya.

Tapi jangan lupa jika punya puasa ganti Atau puasa qadha, harus secepatnya melaksanakan membayar puasa ramadhan, kalau tidak secepatnya, tunggulah balasaan di akhir zaman nanti. Untuk hukum melakukan puasa sunnah syawal adalah hukumnya sunah dan ada dalil hadist melaksanakan puasa syawal sesuai sunnah, berikut hadist dalil yang sudah tertera di bawah.

جعل الله الحسنة بعشر أمثالها فشهر بعشرة أشهر وصيام ستة أيام تمام السنة

Artinya : Allah menjadikan kebaikan dengan sepuluh kali lipat. Maka satu bulan sama dengan sepuluh bulan. melaksanakan puasa 6 hari sama dengan mengerjakan puasa sunnah setahun lamanya. (HR. Nasa'i)

صيام شهر رمضان بعشرة أمثالها وصيام ستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة

Artinya : Puasa sebulan Ramadan pahalanya sepuluh kali lipat puasa. Puasa 6 hari bulan Syawal sama dengan 2 bln. Maka jumlahnya sama dengan satu thn lamanya . (HR. Ibnu Khuzaimah)

من صام رمضان ثم أتبعه بست من شوال فكأنما صام الدهر كله

Artinya : Barangsiapa mengerjakan berpuasa di bulan Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan puasa 6 hari di bulan Syawal, maka pahalanya seperti melaksanakan puasa 1 thn lamanya. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Itulah pengertian, hikmah, hukum dan manfaat puasa syawal yang dapat kami uraikan sedikit di atas. Semoga Allah memberikan kemudahan dan kesehatan buat kita untuk bisa melaksanakan puasa syawal selama 6 hari setelah puasa di bulan ramadhan. Sekian dari kami mudah-mudahan ada manfaatnya, dan mohon maaf sebesar-besarnya bila ada perkataan dari penjelasan di atas ada yang salah dan kurang jelas.